Pembuatan Pop Up Book dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Siswa

#Thumbnail

Pada saat proses pembelajaran terkadang masih terdapat banyak siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, Selain itu siswa masih banyak yang malu-malu ketika diminta menjelaskan atau menjawab pertanyaan dan masih kesulitan dalam memahami materi. Pemanfaatan media perlu dilakukan untuk menciptakan kemandirian belajar siswa (Alifudin, dkk). Terdapat media pop up book yang dapat digunakan sebagai media belajar siswa secara mandiri akan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran.


Media pembelajaran merupakan alat bantu yang berguna dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat atau sejenisnya, yang dapat dipergunakan sebagai penyampai materi atau pesan dalam kegiatan pembelajaran (Rohani, 2019). Alat bantu media dapat mewakili sesuatu hal yang tidak bisa disampaikan oleh guru dengan menggunakan kalimat dan dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan tertentu dalam belajar serta dapat membantu melatih kemandirian belajar siswa. Belajar mandiri merupakan suatu peningkatan pengetahuan, keahlian, prestasi, dan pengembangkan diri individu yang diawali dengan inisiatif sendiri dengan belajar serta memiliki tanggung jawab sendiri (Oishi, 2020). Proses belajar menekankan kemandirian akan tetapi, tidak berarti sama sekali tidak terlepas dengan pihak lainnya. Kemandirian belajar siswa juga diperlukan. Siswa memperoleh bantuan belajar dari guru ataupun orang lain, tetapi bukan berarti harus bergantung kepada orang lain.

Belajar mandiri merupakan sistem belajar dimana memungkinkan siswa untuk belajar sendiri dari apa yang sudah disampaikan oleh guru sebelumnya. Kegiatan belajar mandiri adalah suatu kemampuan dan juga kemauan belajar berdasarkan inisiatif sendiri tanpa bantuan dari pihak lain (Putra dkk, 2017:28). Belajar mandiri diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat membuat siswa belajar mandiri adalah media pop up book.

Media pop up book adalah sebagai buku yang berisi catatan atau kertas bergambar tiga dimensi yang mengandung unsur interaktif pada saat buku dibuka seolah-olah ada sebuah benda yang muncul dari dalam buku (Nurlita, 2018). Media pop up book ini merupakan salah satu media pembelajaran yang menarik. Penggunaan media pembelajaran pop up book tiga dimensi sangat mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar.

Dokumentasi Proses pembuatan Pop Up Book :



Hasil Pembuatan Pop Up Book :









Adapun karya siswa berupa Pop Up Book yang telah diselesaikan dipresentasikan dalam bentuk cuplikan video, seperti pada tayangan berikut ini :



Posted by Iqbal Bukhori, S.Pd., M.Pd.

Published by catatansekolah.web.id

Sumber :

v     Alifudin, dkk. Penggunaan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Belajar Mandiri Siswa Kelas Iv Sdn 1 Borang. http://repository.stkip.pacitan.ac.id

v    Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Jurnal Misykat. Vol. 3(2) hal. 171-187. ISSN. 2527-8371 http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

v    Oishi, Ivone R. V. 2020. Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora. Vol 4 No 2.

v    Putra, dkk. (2017). Belajar dalam Kemandirian, Malang. MEDIAGRUP.

v    Rohani,R. 2019. Media Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8503