Pembuatan Pop Up Book dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Siswa
Pada saat proses pembelajaran terkadang masih terdapat banyak siswa
yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, Selain itu siswa masih
banyak yang malu-malu ketika diminta menjelaskan atau menjawab pertanyaan dan
masih kesulitan dalam memahami materi. Pemanfaatan media perlu dilakukan untuk
menciptakan kemandirian belajar siswa (Alifudin, dkk). Terdapat media pop up book yang dapat
digunakan sebagai media belajar siswa secara mandiri akan tetapi belum
dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran.
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang berguna dalam proses
belajar mengajar. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat atau
sejenisnya, yang dapat dipergunakan sebagai penyampai materi atau pesan dalam
kegiatan pembelajaran (Rohani, 2019). Alat bantu media dapat mewakili sesuatu
hal yang tidak bisa disampaikan oleh guru dengan menggunakan kalimat dan dapat
membantu siswa yang mengalami kesulitan tertentu dalam belajar serta dapat
membantu melatih kemandirian belajar siswa. Belajar mandiri merupakan suatu
peningkatan pengetahuan, keahlian, prestasi, dan pengembangkan diri individu
yang diawali dengan inisiatif sendiri dengan belajar serta memiliki tanggung
jawab sendiri (Oishi, 2020). Proses belajar menekankan kemandirian akan tetapi,
tidak berarti sama sekali tidak terlepas dengan pihak lainnya. Kemandirian
belajar siswa juga diperlukan. Siswa memperoleh bantuan belajar dari guru ataupun
orang lain, tetapi bukan berarti harus bergantung kepada orang lain.
Belajar mandiri merupakan sistem belajar dimana memungkinkan siswa
untuk belajar sendiri dari apa yang sudah disampaikan oleh guru sebelumnya.
Kegiatan belajar mandiri adalah suatu kemampuan dan juga kemauan belajar
berdasarkan inisiatif sendiri tanpa bantuan dari pihak lain (Putra dkk,
2017:28). Belajar mandiri diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Salah
satu media pembelajaran yang dapat membuat siswa belajar mandiri adalah media
pop up book.
Media pop up book adalah sebagai buku yang berisi catatan atau
kertas bergambar tiga dimensi yang mengandung unsur interaktif pada saat buku
dibuka seolah-olah ada sebuah benda yang muncul dari dalam buku (Nurlita,
2018). Media pop up book ini merupakan salah satu media pembelajaran yang
menarik. Penggunaan media pembelajaran pop up book tiga dimensi sangat mudah
digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media seperti ini diharapkan
dapat meningkatkan kualitas belajar.
Dokumentasi Proses pembuatan Pop Up Book :
Adapun karya siswa berupa Pop Up Book yang telah diselesaikan dipresentasikan dalam bentuk cuplikan video, seperti pada tayangan berikut ini :
Posted by Iqbal Bukhori, S.Pd., M.Pd.
Published by catatansekolah.web.id
Sumber :
v Alifudin, dkk. Penggunaan Media Pop-Up
Book pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Belajar Mandiri Siswa Kelas Iv Sdn 1
Borang. http://repository.stkip.pacitan.ac.id
v Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan
Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Jurnal
Misykat. Vol. 3(2) hal. 171-187. ISSN. 2527-8371 http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
v Oishi, Ivone R. V. 2020.
Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. Jurnal
IKRA-ITH Humaniora. Vol 4 No 2.
v Putra, dkk. (2017). Belajar dalam
Kemandirian, Malang. MEDIAGRUP.
v Rohani,R. 2019. Media Pembelajaran.
Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatra
Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8503