Belajar Perubahan Wujud Benda Lewat Praktik Seru: Membuat Ice Cream Sendiri di Kelas!
Sains Bisa Dinikmati (Secara Harfiah!)
Dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IX, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga melakukan praktik langsung untuk memahami konsep perubahan wujud benda. Salah satu kegiatan seru yang dilakukan adalah praktik membuat es krim secara konvensional, tanpa mesin.
Tujuan Pembelajaran:
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan secara nyata perubahan wujud benda dari cair ke padat melalui proses pembekuan, sekaligus melatih keterampilan proses sains seperti observasi, mencatat, dan analisis hasil.
Langkah-Langkah Praktik:
Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti susu, gula, perasa cokelat, dan es batu, para siswa membuat es krim dengan cara manual. Berikut langkah singkatnya:
1. Pencampuran bahan: Susu dan gula dicampur dengan bubuk cokelat.
2. Proses pembekuan: Campuran dimasukkan ke dalam plastik atau wadah kecil, lalu dibekukan menggunakan es batu dan garam (untuk menurunkan suhu).
3. Pengadukan manual: Siswa menggoyang-goyangkan wadah selama ±15–20 menit hingga teksturnya mengental seperti es krim.
4. Hasil akhir: Es krim buatan sendiri siap dinikmati!
Serunya Belajar dengan Rasa!
Praktik ini tak hanya menambah pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud zat, tetapi juga memberi pengalaman belajar yang menyenangkan dan tak terlupakan. Terlihat antusiasme siswa dalam mengikuti proses dari awal hingga menikmati hasilnya bersama teman-teman.
Nilai Plus dari Praktik Ini:
-Melatih kerja sama tim
-Meningkatkan pemahaman konsep sains secara kontekstual
-Mendorong kreativitas dan ketekunan
-Meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam presentasi dan praktik langsung
Melalui praktik sederhana seperti membuat es krim, pelajaran IPA menjadi lebih bermakna dan membekas di ingatan siswa. Karena belajar tidak harus selalu di buku—kadang, cukup dengan satu sendok es krim buatan sendiri.
Penulis :
Iqbal Bukhori, S.Pd., M.Pd., Gr.